Rabu, 01 September 2010

BUKAN SALAH BUNDA MENGANDUNG, TAPI SALAH NENEK YANG KURANG MENDENGAR

pernah suatu hari bokap bilang dengan wajah yang serius saat gue lagi beraksi jd anak yg berbakti (mijetin bokap) "mi,, kamu berenti kuliah aja ya?"
gw langsung diem, gw langsung mikir kalo bokap lagi krisis keuangan dan gak bisa lagi bayarin uang kuliah gw, dan membayangkan kalo gw bakalan dijodohin sama anak orang kaya temennya bokap yang ganteng rupawan trus punya anak banyak kemudian hidup bahagia. atau kalo ga dijodohin gw akan berenti kuliah dan itu artinya gw harus ngubur cita2 gw jadi seniman sejati.. dan gw harus mulai berwiraswasta jadi semacam tukang sablon dan penjaga warung. hhghh..,,

Trus bokap lanjut ngomong lagi "Kamu jadi tukang urut aja, biar kalo orang rumah pada pegel ada yang mijetin. lagian tukang urut itu kayaknya masa depannya cerah lho..!! wong bayaran sekali pijet aja mahal. tuh liat si nenek bolot(tetangga gue yg profesinya sebagai tukang urut kawakan yang udah usia lanjut dan pendengarannya kurang maksimal lagi),, mungkin waktu masi ABG tuh nenek2 sering dengerin musik pake headset dg volume full(haha gw banget nih, smoga aja tar kalo gw udah lansia kuping gw masih tetep sehat wal'afiat.)hehe.
Pernah suatu waktu gue disuruh manggil tuh nenek urut karena keponakan gw abis kecengklak tangannya...
Berangkatlah gw ke rumah nenek itu dengan langkah yg tergesa gesa karena keponakan gw lg butuh perawatan extra cepat. pas di rumah tuh nenek.. dia lagi makan sayur asem. tapi saat itu gw blom tau kalo tuh nenek agak kurang bisa denger.. makanya gw ngomong biasa aja "Nek tolong ke rumah ya, si digdio abis kecetit tangannya".
Eh si tuh nenek cuma nengok doank ke gw sambil bilang "makan dek..!"
GUBRAK!!!
gw jawab "enggak nek, makasih." sambil senyum ketar-ketir..
gw bilang lagi "Nek tolong ke rumah ya cepetan, dio nangis mulu abis kecengklak tangannya." dan si nenek pun cuma manggut2 aja.
karena gw pikir dia udah ngerti apa yang gw bilang, akhirnya gw balik pulang.
pas di rumah,, bokap, nyokap, gw, nungguin tuh nenek dateng. lah si dio masih aja terus2an nangis ga berenti2 sambil tereak "Eyang..eyang.. eyang..huhu.. eyang..!! dio mau kawin yang..!!" (hehe,,egk deng.. padahal dio belom bisa ngomong).


mamah gw sama keponakan gw tercinta "digdio"


"Mi, udah dipanggil belom sih si nenek?" kata nyokap gw dengan perasaan gundah gulana sambil ngendong dio yang beratnya naujubile..
"udah kok.."
"mana kok ga dateng2?"
"si neneknya tadi sih lagi makan, mungkin ntar kali abis makan."
"ohh.." sementara nyokap, bokap gw masih aja panik. nunggu nenek itu ga dateng2, dan akhirnya mereka pasrah lalu hampir aja ngebuang dio ke kardus lalu membawanya ke pintu panti asuhan sambil menyelipkan selembar surat berisi tulisan "tolong rawat anak ini ya!" (enggak deng).

Karena gak tega ngeliat bokap nyokap gw dan juga si digdio yang udah meraung-raung kesakitan. akhirnya gw samperin lagi tuh nenek ke rumahnya.
ternyata si nenek lagi ada di depan rumah, lagi duduk2 sama anaknya.
"Nek, kok ga dateng2 kan ditungguin.. itu si dio udah nangis mulu."
si nenek diem aja,, trus anaknya langsung bilang.. "Dek, si nenek mah bolot, kalo ngomong sama dia mesti kenceng."
hhheeeuuhh....pantesan aja daritadi tuh nenek cuma manggut2. tau gitu dari rumah gw bawa toa' masjid biar tuh nenek denger apa yang gw omongin.
gw pun langsung tereak sekenceng2nnya. mungkin kalo saat itu ada manager band "serius" lewat gw bisa direkrut buat gantiin posisi candil jadi vokalis. cuma bedanya kalo candil tereak "rocker juga manusia" tapi gw bakal tereak.." NENEK JUGA MANUSIAAAA..!! PUNYA TELINGAAA KANAN KIRIII, TAPI UDAH GAK BISAAA..DENGER LAGIIII.." (nb:dengan nada yg sama namun sedikit improvisasi pada lirik).

Tidak ada komentar: